12 Istilah Dasar Dalam Lomba Pacuan Kuda

12 Istilah Dasar Dalam Lomba Pacuan Kuda

12 Istilah Dasar Dalam Lomba Pacuan Kuda, Jika Anda Ingin Bermain Lomba Balap Kuda di Indonesia Agar Selalu Menang, Ketahui Dulu Dasar-Dasar Dalam Lomba Pacuan Kuda.

Olahraga berkuda adalah olahraga yang ideal untuk dinikmati bersama dengan seluruh keluarga. Balita pun sudah dapat menikmati berkuda kalau ia menunggang kuda poni yang dituntun, dan mulai usia 5-6 tahun anak-anak sudah dapat belajar menunggang sendiri. Bagi remaja olahraga berkuda juga sangat menarik, dan dewasa sampai usia lanjut pun dapat menemukan kesenangan dengan mitra berkaki empat itu. Ada penunggang yang berkuda hanya sebagai hobby belaka, ada juga yang memiliki ambisi untuk berprestasi dalam olahraga yang sangat beraneka ragam ini. Bagaimanakah caranya menjadi penunggang kuda?

12 Istilah Dasar Dalam Lomba Pacuan Kuda

Balap sendiri merupakan kompetisi kecepatan, berpacu melawan kriteria obyektif, seperti jam. Berlari dalam jarak tertentu adalah bentuk balap paling umum, namun lebih sering balap itu menggunakan kendaraan, seperti perahu, mobil, dan pesawat, ataupun dengan hewan seperti kuda.

  1. Drawing: adalah sebuah rapat penentuan RACE untuk suatu event pacuan. Diadakan dua atau tiga hari menjelang pacuan hari pertama. Bertujuan untuk menentukan masing-masing kuda masuk pada klas dan race yang mana. Sebelum acara drawing, masing-masing kuda akan diukur ketinggiannya oleh Dewan Juri Pacuan (aturan PORDASI).
  2. Race atau disebut juga RUN: adalah istilah untuk menyebut pertandingan pacuan kuda. Dalam satu hari pacuan biasanya terdapat 10 s/d 13 race. Masing-masing kuda hanya boleh lari pada 1 race sesuai dengan kelas yang dipilih dan aturan/ukuran kuda. Race ditentukan saat drawing.
  3. Scratch: istilah yang dipakai bila kuda tidak jadi ikut lomba baik dengan sukarela atau terpaksa karena tidak bisa masuk startgate dalam batas waktu yang sudah ditentukan.
  4. Startgate: adalah peralatan untuk melakukan START dalam suatu lomba. Bentuknya adalah rangkaian besi untuk memasukkan kuda dan jockey sebelum aba-aba “START” dilakukan. Start gate berbentuk sebuah rangkaian beberapa kotak yang longgar sehingga kuda bisa berhenti dan menunggu untuk lepas melesat kedepan. Sebuah pintu tertutup rapat didepan dan akan terbuka secara bersamaan setelah bendera START dan tuas START ditekan oleh seorang START MASTER. Sebuah startgate bersifat mobil dapat dipindahkan sesuai garis start yang ditentukan dengan bantuan sebuah kendaraan penarik.
  5. START Master: Start master adalah petugas dalam lomba pacuan sebagai pelepas kuda.
  6. Gate Master: Petugas yang melakukan pekerjaan dilingkungan startgate, memasukkan kuda-kuda kedalam kotak-kotak start, menutup pintu start, memindahkan startgate dsb.
  7. Dewan Stewards atau disebut juga Dewan Juri: Adalah suatu komisi yang bertanggung jawab atas jalannya lomba pacuan. Menentukan apakah pacuan bisa diteruskan atau diberhentikan, menentukan apakah kuda boleh dilarikan atau tidak, menentukan siapakah pemenang suatu lomba, menentukan apakah jockey telah melakukan pelanggaran dan juga memberikan peringatan.
  8. Photo Finish: Suatu peralatan photography yang dipasang digaris finish untuk merekam kuda-kuda yang masuk garis finish. Penting sebagai penentu siapakah kuda yang memasuki finish lebih awal bila ada dua atau lebih secara bersama memasuki garis finish. Bila tidak mempergunakan photo finish, bila terdapat kuda kuda yang secara bersamaan memasuki garis finish maka pemenangnya adalah kuda yang berada di band paling luar.
  9. Band: adalah garis pembatas track pacu terbuat dari kayu, fiber, beton atau besi atau bahkan tali temali yang terangkai mengelilingi track pacu. Band dalam artinya garis pembatas track pacu sebelah dalam sedangkan band luar adalah garis pembatas sebelah luar track. Band dalam dibuat setinggi 40-60 cm sedangkan band luar 80-100 cm.
  10. Track: adalah jalur melingkar berbentuk oval lebarnya antara 10 s/d 15 M sebagai jalur pacu kuda. Landasan bervariasi ada tanah hitam, tanah rumput atau pasir. Sesuai aturan PORDASI kuda lari mengelilingi track dengan arah searah jarum jam (kekanan). Track dibatasi oleh dua garis pembatas yaitu sebelah dalam dan sebelah luar. Kuda tidak boleh keluar dari track pacu selama lomba.
  11. Stall Paddock atau disebut paddock pameran: adalah suatu area dilapangan pacuan kuda dimana kuda-kuda menunggu pacuan dimulai. Kuda-kuda akan berjalan beriringan,sesuai dengan nomor punggung masing-masing, mengelilingi paddock yang sekaligus memberikan kesempatan kepada para penggemar pacuan kuda untuk mengamati “performance” kuda masing-masing. Paddock pameran berada didepan tribune kehormatan dan sekaligus didepan garis finish.
  12. Control Tower: Adalah sebuah menara untuk Dewan Stewards sebagai tempat melakukan kontrol monitoring atas jalannya lomba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*